Filsafat manajemen adalah kerjasama saling menguntungkan,
bekerja efektif dan dengan metode kerja yang terbaik untuk mencapai hasil yang
optomal.
F.W. Taylor :
Filsafat manajemen adalah kumpulan pengetahuan dan kepercayaan yang memberikan dasar atau basis yang luas untuk menentukan pemecahan terhadap masalah-masah manajer.
Dalam filsafat manajemen, manajer akan lebi h bertanggungjawab dalam perencanaan dan pengendalian serta dalam menafsirkan kepandaian-kepandaian para pekerja dan mesin-mesin menurut aturan, hukum dan formula,sehingga dengan jalan demikian akan membantu pekerja melakukan pekerjaannya dengan biaya yang rendah bagi majikan dan penghasilan yang lebih besar bagi buruh.
Manfaat Filsafat Manajemen :
- Memberikan
suatu dasar dan pedoman bagi pekerjaan manajer.
- Memberikan
kepercayaan dan pegangan bagi manajer dalam proses manajemen untuk
mencapai tujuan.
- Memberikan
dasar dan pedoman berpikir efektif bagi manajer:
- Proses
berpikir dengan mudah dapat diorientasikan.
- Tekanan
diletakkan atas keseluruhan, bukan pada bagian individual yang
dipilih.
- Dapat
dipergunakan untuk mendapatkan sokongan dan partisipasi para bawahan jika
mereka mengetahui peranan manajer dan mengerti tindakan-tindakannya,
asalkan mereka telah menghayati filsafat manajemen.
- Memberikan
pedoman arah pemecahan yang terbaik terhadap masalah-masalah yang dihadapi
manajer.
- Menjadi
pedoman dasar dan kepercayaan bagi manajer dalam melakukan wewenang
kepemimpinannya.
Asas-asas
manajemen
Asas (prinsip) adalah merupakan suatu pernyataan fundamental atau kebenaran umum yang dapat dijadikan pedoman pemikiran dan tindakan. Asas-asas muncul daru hasil penelitian dan pengalaman. Asas ini sifatnya permanen, umum, dab setiap ilmu pengetahuan memiliki asas yang mencerminkan intisari kebenaran dasar dalam bidang ilmu tersebut. Asas adalah dasar tetapi bukanlah sesuatu yang absolut atau mutlak , artinya penerapan asas harus mempertimbangkan keadaan-keadaan khusus, situasi dan keadaan yang berubah. Dengan menggunakan asas manajemen, seorang manajer dapat mengurangi atau menghindari kesalahan-kesalahan dasar dalam menjalankan pekerjaannya.
Asas (prinsip) adalah merupakan suatu pernyataan fundamental atau kebenaran umum yang dapat dijadikan pedoman pemikiran dan tindakan. Asas-asas muncul daru hasil penelitian dan pengalaman. Asas ini sifatnya permanen, umum, dab setiap ilmu pengetahuan memiliki asas yang mencerminkan intisari kebenaran dasar dalam bidang ilmu tersebut. Asas adalah dasar tetapi bukanlah sesuatu yang absolut atau mutlak , artinya penerapan asas harus mempertimbangkan keadaan-keadaan khusus, situasi dan keadaan yang berubah. Dengan menggunakan asas manajemen, seorang manajer dapat mengurangi atau menghindari kesalahan-kesalahan dasar dalam menjalankan pekerjaannya.
Asas-asas Umum Manajemen
Asas-asas Umum Manajemen (General Principles of Management), menurut :
Henry fayol
Division of work (asas
pembagian kerja)
1.
Authority and
responsibility (asas wewenang dan tanggung jawab)
2.
Discipline (asas
disiplin)
3.
Unity of command (asas
kesatuan perintah)
4.
Unity of Direction
(asas kesatuan jurusan atau arah)
5.
Subordination of
individual interest into general interest (asas kepentingan umum diatas
kepentingan pribadi)
6.
Renumeration of
Personnel (asas pembagian gaji yang wajar)
7.
Centralization (asas
pemusatan wewenang)
8.
Scalar of Chain (asas
hierarki atau asas rantai berkala)
9.
Order (asas
keteraturan)
10.
Equity (asas keadilan)
11.
Iniative (asas
inisiatif)
12.
Esprit de Corps (asas
kesatuan)
13.
Stability of Turn –
over Personnel (asas kestabilan masa jabatan)
1.1 Pengertian dan Pentingnya Manajemen
1. 1.1 Pengertian
Manajemen berasal dari kata to manage à mengatur
Definisi manajemen dari para ahli :
1.
Menurut G.R Terry
Manajemen adalah suatu proses yang
khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian,
pengarahan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai
sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia
dan sumber-sumber lainnya
2.
Menurut Harold Koontz dan Cyril O’Donnel
Manajemen adalah usaha mencapai suatu
tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. Dengan demikian manajer mengadakan
koordinasi atas sejumlah aktivitas orang lain yang meliputi perencanaan,
pengorganisasian, penempatan, pengarahan dan pengendalian.
3.
Menurut Drs.H.Malayu S.P Hasibuan
Manajemen adalah ilmu dan seni
mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya
secara efektif dan efisien unutk mencapai suatu tujuan tertentu.
1.1.2 Mengapa manajemen itu penting
Pada dasarnya manusia mempunyai
keterbatasan fisik, pengetahuan, waktu, perhatian dan lain sebaganya sehingga
untuk memenuhi kebutuhan manusia memelukan pembagian pekerjaan, tugas dan
tanggungjawab sehingga terbentuklah kerjasama dalam suatu organisasi supaya
pekerjaan berat dan sulit terselesaikan dengan baik untuk mencapai tujuan yang
di inginkan.
Pada dasarnya manajemen itu penting
karena:
a.
Pekerjaan berat
akan menjdi ringan karena dlm manajemen ada
pembagian kerja, tugas dan tanggungjawab.
b.
Jika manajemen di
terapkan dengan baik maka perusahaan akan berhasil
c.
Meningkatkan daya
guna dan hasil guna dan dapat mengoptimalkan semua potensi yang ada
d.
Mengurangi
pemborosan-pemborosan
e.
Untuk kemajuan dan
pertumbuhan perusahaan/organisasi
f.
Tercapainya tujuan
secara teratur
g.
Merupakan pedoman
pemikiran dan tindakan
1.2 Filsafat Dan Asas-Asas Manajemen
Filsafat Manajemen adalah kerjasama
saling menguntungkan, bekerja efektif dan metode kerja yang terbaik untuk
mencapai hasil yang optimal.
Manfaat Filsafat Manajemen
1.
Memberikan suatu
dasar dan pedoman bagi pekerjaan manajer
2.
Memberikan
kepercayaan dan pegangan bagi manajer dalam proses manajemen untuk mencapai
tujuan
3.
Memberikan dasar
dan pedoman berfikir efektif bagi manajer
4.
Dapat dipergunakan
untuk mendapatkan sokongan dan partisipasi para bawahan, jika mereka mengetahui
peranan manajer dan mengerti tindakan-tindakannya, asalkan mereka telah
menghayati filasafat manajemen
5.
Memberikan pedoman
arah pemecahan yang terbaik terhadap masalah-masalah yang dihadapi manajer
6.
Menjadi pedoman
dasar dan kepercayaan bagi manajer dalam melakukan wewenang kepemimpinannya.
1.3 Asas-Asas Manajemen
Asas-Asas Manajemen menurut Henry Fayol :
a.
Division of Work (pembagian kerja)
b.
Authority and Responsibility (wewenang dan tanggungjawab)
c.
Discipline
d.
Unity of Command (kesatuan perintah)
e.
Unity of Direction (kesatuan tindakan)
f.
Subordinaioan of Individual Interest into General Interest (mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentinga
pribadi)
g.
Renumeration of Personal
h.
Centaliation
i.
Scalar of Chain (Hierarchy)
j.
Order
k.
Equity
l.
Initiative
m.
Esprit de Corp (Kesatuan)
n.
Stability of Turn-ver of Personnel (Kestabilan Jabatan Karyawan)
1.3 Ilmu dan Seni Manajemen
Perbedaan Ilmu (Science) dan Seni (Art)
Ilmu
|
Seni
|
Berkembang secara teoritis
|
Berkembang secara praktis
|
Membuktikan
|
Merasa
|
Meramalkan
|
Menerka
|
Memberikan Definisi
|
Menguraikan/Mengajarkan
|
Memberikan Kepastian Ukuran
|
Memberikan Pendapat
|
1.4 Sifat-Sifat Yang
membantu Kita Untuk Mengerti Ilmu
Manajemen
1.
Manajemen
mempunyai tujuan
2.
Manajemen
menyebabkan terjadinya hal-hal tertentu
3.
Manajemen
merupakan suatu aktivitas, jadi bukanlah berarti seseorang atau sekelompok orang
4.
Manajemen
dilaksanakan melalui, dengan dan melalui usaha-usaha pihak lain.
5.
Manajemen biasanya
berkaitan dengan usaha-usaha sesuatu kelompok
6.
Manajemen bersifat
abstrak
7.
Manajemen dibantu
oleh komputer; bukanlah diganti olehnya
8.
Manajemen
merupakan alat yang luar biasa untuk mempengaruhi kehidupan manusia.
No comments:
Post a Comment
Berkomentarlan Dengan Baik Dan Sopan