Friday 19 June 2015

Pengertian Filsafat dan Asas-asas Manajemen


Filsafat manajemen adalah kerjasama saling menguntungkan, bekerja efektif dan dengan metode kerja yang terbaik untuk mencapai hasil yang optomal.

F.W. Taylor : 
Filsafat manajemen adalah kumpulan pengetahuan dan kepercayaan yang memberikan dasar atau basis yang luas untuk menentukan pemecahan terhadap masalah-masah manajer.

Dalam filsafat manajemen, manajer akan lebi h bertanggungjawab dalam perencanaan dan pengendalian serta dalam menafsirkan kepandaian-kepandaian para pekerja dan mesin-mesin menurut aturan, hukum dan formula,sehingga dengan jalan demikian akan membantu pekerja melakukan pekerjaannya dengan biaya yang rendah bagi majikan dan penghasilan yang lebih besar bagi buruh.

Manfaat Filsafat Manajemen :
  • Memberikan suatu dasar dan pedoman bagi pekerjaan manajer.
  • Memberikan kepercayaan dan pegangan bagi manajer dalam proses manajemen untuk mencapai tujuan.
  • Memberikan dasar dan pedoman berpikir efektif bagi manajer:
  • Proses berpikir dengan mudah dapat diorientasikan.
  • Tekanan diletakkan atas keseluruhan, bukan pada bagian individual yang dipilih. 
  • Dapat dipergunakan untuk mendapatkan sokongan dan partisipasi para bawahan jika mereka mengetahui peranan manajer dan mengerti tindakan-tindakannya, asalkan mereka telah menghayati filsafat manajemen.
  • Memberikan pedoman arah pemecahan yang terbaik terhadap masalah-masalah yang dihadapi manajer.
  • Menjadi pedoman dasar dan kepercayaan bagi manajer dalam melakukan wewenang kepemimpinannya.
Asas-asas manajemen
Asas (prinsip) adalah merupakan suatu pernyataan fundamental atau kebenaran umum yang dapat dijadikan pedoman pemikiran dan tindakan. Asas-asas muncul daru hasil penelitian dan pengalaman. Asas ini sifatnya permanen, umum, dab setiap ilmu pengetahuan memiliki asas yang mencerminkan intisari kebenaran dasar dalam bidang ilmu tersebut. Asas adalah dasar tetapi bukanlah sesuatu yang absolut atau mutlak , artinya penerapan asas harus mempertimbangkan keadaan-keadaan khusus, situasi dan keadaan yang berubah. Dengan menggunakan asas manajemen, seorang manajer dapat mengurangi atau menghindari kesalahan-kesalahan dasar dalam menjalankan pekerjaannya. 


Asas-asas Umum Manajemen 
Asas-asas Umum Manajemen (General Principles of Management), menurut :
Henry fayol 

Division of work (asas pembagian kerja)
1.     Authority and responsibility (asas wewenang dan tanggung jawab)
2.     Discipline (asas disiplin)
3.     Unity of command (asas kesatuan perintah)
4.     Unity of Direction (asas kesatuan jurusan atau arah)
5.     Subordination of individual interest into general interest (asas kepentingan umum diatas kepentingan pribadi)
6.     Renumeration of Personnel (asas pembagian gaji yang wajar)
7.     Centralization (asas pemusatan wewenang)
8.     Scalar of Chain (asas hierarki atau asas rantai berkala)
9.     Order (asas keteraturan)
10.   Equity (asas keadilan)
11.   Iniative (asas inisiatif)
12.   Esprit de Corps (asas kesatuan)
13.   Stability of Turn – over Personnel (asas kestabilan masa jabatan)
1.1   Pengertian dan Pentingnya Manajemen
1. 1.1   Pengertian
                 Manajemen berasal dari kata to manage à mengatur
Definisi manajemen dari para ahli :
1.          Menurut G.R Terry
Manajemen adalah suatu proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya
2.          Menurut Harold Koontz dan Cyril O’Donnel
Manajemen adalah usaha mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. Dengan demikian manajer mengadakan koordinasi atas sejumlah aktivitas orang lain yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penempatan, pengarahan dan pengendalian.
3.          Menurut Drs.H.Malayu S.P Hasibuan
Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien unutk mencapai suatu tujuan tertentu.
1.1.2   Mengapa manajemen itu penting
Pada dasarnya manusia mempunyai keterbatasan fisik, pengetahuan, waktu, perhatian dan lain sebaganya sehingga untuk memenuhi kebutuhan manusia memelukan pembagian pekerjaan, tugas dan tanggungjawab sehingga terbentuklah kerjasama dalam suatu organisasi supaya pekerjaan berat dan sulit terselesaikan dengan baik untuk mencapai tujuan yang di inginkan.
Pada dasarnya manajemen itu penting karena:
a.          Pekerjaan berat akan menjdi ringan karena dlm manajemen ada  pembagian kerja, tugas dan tanggungjawab.
b.          Jika manajemen di terapkan dengan baik maka perusahaan akan berhasil
c.          Meningkatkan daya guna dan hasil guna dan dapat mengoptimalkan semua potensi yang ada
d.          Mengurangi pemborosan-pemborosan
e.          Untuk kemajuan dan pertumbuhan perusahaan/organisasi
f.           Tercapainya tujuan secara teratur
g.          Merupakan pedoman pemikiran dan tindakan

1.2   Filsafat Dan Asas-Asas Manajemen
Filsafat Manajemen adalah kerjasama saling menguntungkan, bekerja efektif dan metode kerja yang terbaik untuk mencapai hasil yang optimal.
Manfaat Filsafat Manajemen
1.          Memberikan suatu dasar dan pedoman bagi pekerjaan manajer
2.          Memberikan kepercayaan dan pegangan bagi manajer dalam proses manajemen untuk mencapai tujuan
3.          Memberikan dasar dan pedoman berfikir efektif bagi manajer
4.          Dapat dipergunakan untuk mendapatkan sokongan dan partisipasi para bawahan, jika mereka mengetahui peranan manajer dan mengerti tindakan-tindakannya, asalkan mereka telah menghayati filasafat manajemen
5.          Memberikan pedoman arah pemecahan yang terbaik terhadap masalah-masalah yang dihadapi manajer
6.          Menjadi pedoman dasar dan kepercayaan bagi manajer dalam melakukan wewenang kepemimpinannya.


1.3  Asas-Asas Manajemen  
Asas-Asas Manajemen menurut Henry Fayol :
a.          Division of Work (pembagian kerja)
b.          Authority and Responsibility (wewenang dan tanggungjawab)
c.          Discipline
d.          Unity of Command (kesatuan perintah)
e.          Unity of Direction (kesatuan tindakan)
f.           Subordinaioan of Individual  Interest into General Interest (mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentinga pribadi)
g.          Renumeration of Personal
h.          Centaliation
i.           Scalar of Chain (Hierarchy)
j.           Order
k.          Equity
l.           Initiative
m.        Esprit de Corp (Kesatuan)
n.          Stability of Turn-ver of Personnel (Kestabilan Jabatan Karyawan)

1.3   Ilmu dan Seni Manajemen
Perbedaan Ilmu (Science) dan Seni (Art)
Ilmu
Seni
Berkembang secara teoritis
Berkembang secara praktis
Membuktikan
Merasa
Meramalkan
Menerka
Memberikan Definisi
Menguraikan/Mengajarkan
Memberikan Kepastian Ukuran
Memberikan Pendapat

1.4   Sifat-Sifat Yang membantu Kita Untuk Mengerti Ilmu   Manajemen
1.          Manajemen mempunyai tujuan
2.          Manajemen menyebabkan terjadinya hal-hal tertentu
3.          Manajemen merupakan suatu aktivitas, jadi bukanlah berarti seseorang atau sekelompok orang
4.          Manajemen dilaksanakan melalui, dengan dan melalui usaha-usaha pihak lain.
5.          Manajemen biasanya berkaitan dengan usaha-usaha sesuatu kelompok
6.          Manajemen bersifat abstrak
7.          Manajemen dibantu oleh komputer; bukanlah diganti olehnya
8.          Manajemen merupakan alat yang luar biasa untuk mempengaruhi kehidupan manusia.


No comments:

Post a Comment

Berkomentarlan Dengan Baik Dan Sopan